Fungsi Kunyit Sebagai Bumbu Masakan

Negara Indonesia adalah salah satu negara tropis yang memiliki banyak sekali hasil rempah. Tidak hanya diekspor ke negara lain sebagai komoditi, banyak juga rempah yang digunakan sendiri oleh warga sebagai bumbu masakan. Beberapa pengamat makanan bahkan mengatakan bahwa resep dari keunikan dan kelezatan masakan Indonesia adalah bumbunya. 

Seringkali masakan Indonesia menggunakan banyak rempah sekaligus. Salah satunya adalah kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah asli dari Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Rempah yang memiliki warna kuning ini termasuk bumbu masakan terbaik loh. Penasaran apa saja fungsi kunyit sebagai bumbu masakan? Berikut ini adalah fungsi kunyit sebagai bumbu masakan:

1. Pemberi warna
Fungsi pertama dari kunyit adalah untuk memberikan warna. Sudah jelas bahwa kunyit memiliki warna kuning dan orange, sehingga ia sering digunakan sebagai pewarna alami pada makanan. Kunyit memiliki kandungan curcumin yang membuat warnanya sulit untuk hilang. Tentu hal ini sangat baik untuk tubuh, karena warnanya berasal dari bahan yang alami. 

2. Memberikan aroma
Selain sebagai pemberi warna, kunyit juga memiliki fungsi untuk memberikan aroma pada hidangan. Biasanya, kunyit digunakan bersama dengan olahan daging. Daging seringkali memberikan aroma yang tidak sedap, sehingga aroma dari kunyit bisa menutupinya. Untuk menghilangkan bau, Anda bisa menghaluskan kunyit dan mengoleskannya pada daging atau ikan sebelum dimasak. Bau tidak sedap dari makanan akan tergantikan dengan aroma kunyit. 

3. Penambah rasa
Kunyit memiliki banyak sekali fungsi dalam satu bahan. Selain fungsi-fungsi sebelumnya, kunyit juga bisa digunakan untuk penambah rasa. Tetapi, Anda perlu berhati-hati bila akan menambahkan kunyit. Kunyit memiliki keunikan di bagian rasa. Ia memiliki rasa yang pahit dan pedas, sehingga tidak semua masakan cocok untuk ditambahkan kunyit di dalamnya. 

3 hal diatas adalah fungsi utama kunyit sebagai bumbu masakan. Selain karena tiga hal diatas, banyak orang yang memasukkan kunyit dalam masakannya karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat untuk kesehatan yang dimiliki kunyit adalah meredakan kembung dan menjaga kesehatan otak. Tertarik untuk menggunakan kunyit dalam bumbu masakan Anda?

Share this

Posted by

Tag : , ,